Friday, June 02, 2023

Mengenal OSI (Open System Interconnection) 7 Layer (Untuk Memahami Koneksi Jaringan Komputer)

Pengertian OSI Layer

Setiap komputer dalam jaringan memiliki cara berkomunikasinya masing-masing. Komputer bermerek A memiliki bahasa sendiri, dan hanya bisa berkomunikasi dengan perangkat lain yang bermerek sama. Hal tersebut juga terjadi pada sistem jaringan. Di mana pertukaran informasi antar jaringan tidak bisa terjalin dengan baik. Sementara tentu saja proses komunikasi dibutuhkan tidak hanya oleh komputer dalam satu sistem jaringan tertentu.

Maka, dibutuhkan standar khusus untuk memungkinkan komunikasi dapat terjalin secara menyeluruh. Oleh karena itulah, kemudian ISO (International Standart Organization) menetapkan standar OSI Layer tentang protokol komunikasi untuk segala jenis sistem jaringan.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa OSI Layer adalah sebuah konsep yang memungkinkan pertukaran informasi terjadi antara berbagai jenis sistem komunikasi komputer, dengan menggunakan protokol standar, yaitu TCP/IP.

Protokol sendiri merupakan format aturan tentang proses pertukaran informasi antarkomputer menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol). Sementara, IP adalah sistem alamat dalam jaringan internet yang dihubungkan oleh TCP.



Berikut merupakan fungsi OSI layer pada 7 lapisan secara singkat:

Lapisan 1. Physical: Menentukan kecepatan, tegangan, besaran fisik, serta mengalirkan bit-bit antar perangkat atau device. (Contohnya: Koneksi dengan kabel LAN UTP atau Patchcord Fiber Optic)
Lapisan 2. Data Link: Mampu menyediakan akses ke dalam media menggunakan MAC Address dan dapat melakukan proses error detection. (Contohnya: Perangkat Switch)
Lapisan 3. Network: Mampu menyediakan logical addressing dan menentukan rute tujuan secara tepat. (Contohnya: Router)
Lapisan 4. Transport: Menyediakan reliable atau unreliable delivery, serta mengecek terjadinya koneksi error sebelum melakukan transmisi data.
Lapisan 5. Session: Memisakan data dalam berbagai aplikasi.
Lapisan 6. Presentation: Mampu menyajikan data serta menangani enkripsi data dengan cepat.
Lapisan 7. Application: Menyediakan tampilan antarmuka (user interface) page pengguna.

Untuk Mengetahui Penjelasan mengenai Apa Itu Router, Switch dan Hub Silahkan KLIK DISINI

Artikel Lain tentang Mikrotik Silahkan Klik -- > Coretan Tentang Mikrotik Dan Yang Berkaitan (Dedicated For Teams)