Saturday, June 03, 2023

Apa Itu Mikrotik? Dan Apa Saja Jenisnya?

Walaupun di Blog ini kita akan fokus pada Jenis Routerboard Mikrotik Seri tertentu tapi sebenarnya Mikrotik itu adalah Brand yang menyediakan banyak Jenis Perangkat Network dengan Feature yang lengkap.

Mikrotik adalah sistem operasi berbasis perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengubah komputer kamu menjadi router jaringan. Mikrotik menggunakan sistem operasi berbasis Linux yang berfungsi untuk mendukung router jaringan. Dalam penggunaannya, mikrotik dibagi ke dalam beberapa jenis, di antaranya:

1. Mikrotik RouterOS
Salah satu jenis mikrotik yaitu mikrotik routerOS. Ini merupakan mikrotik yang beroperasi dengan sistem berbais UNIX, sehingga pengguna bisa mengubah komputer biasa mereka menjadi router.
Tidak hanya dapat berfungsi sebagai router, mikrotik routerOS juga akan dilengkapi dengan berbagai fitur seperti hotspot, bridge, proxy server, firewall, dan lainnya.
Dengan mikrotik jenis ini, kamu langsung bisa menciptakan router sendiri.
Kelebihan: Memory Komputer Besar jadi Router Mikrotik Sangat Cepat
Kekurangan: Boros Listrik dan Mahal

2. Mikrotik RouterBoard
Ada juga jenis mikrotik routerboard yang memanfaatkan sistem operasi perangkat keras. Ini mirip dengan router internet pada umumnya.
Mikrotik yang beroperasi dengan sistem perangkat keras ini dikembangkan oleh perusahaan mikrotik sehingga harus memiliki sistem operasi routerOS untuk dapat bekerja.
Mikrotik routerboard memiliki ukuran yang sangat kecil dan praktis. Routerboard ini terdiri atas processor, RAM, ROM, dan memory flash.
Dengan mikrotik routerboard, kamu bisa menjalankan fungsi router tanpa tergantung pada perangkat komputer. Sebab, fungsi router telah tertanam di dalamnya.
Kelebihan: Hemat Listrik dan Murah
Kekurangan: Kalau RAM dan CPU sudah mentok, jadi lemot

Beberapa Jenis-jenis Routerboard Mikrotik
1. Cloud Core Router (CCR) 
Adalah Jenis Routerboard dengan Spesifikasi Tinggi di Mikrotik, penggunaannya untuk Utilisasi Bandwith yang tinggi dan User yang banyak. Type ini dimounting di Rack dengan Ukuran 1U

2. Cloud Router Switch (CRS)
Adalah Jenis Mikrotik yang bisa disebut Switch Layer 3 atau bisa dipakai sebagai Switch dan juga Router. Type ini dimounting di Rack dengan Ukuran 1U

3. Routerboard 1100
Adalah Jenis Mikrotik yang bisa dikategorikan untuk User Small To Middle Corporate (Menengah), Dimana Jumlah User dan Utilisasi Bandwith-nya Tidak terlalu besar dan tinggi. Type ini dimounting di Rack dengan Ukuran 1U.


4. Routerboard 750GL (Seri Mikrotik dibawah 1000 Series)
Adalah Jenis Mikrotik untuk Small Office Home Office (SOHO) atau yang Usernya sedikit dengan Utilisasi Bandiwth yang rendah. Ukuran Perangkatnya Kotak Kecil (Routerboard dibawah Seri 1000 itu biasanya berdimensi kecil, alias bukan untuk mounting rack.

Artikel Lain tentang Mikrotik Silahkan Klik -- > Coretan Tentang Mikrotik Dan Yang Berkaitan (Dedicated For Teams)