Monday, June 10, 2019

Benar Membaca Alfatihah Menjadi Syarat Sah dan Rukun Sholat

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kali ini saya ingin membahas sesuatu yang sebenarnya familiar di tengah kita sebagai Muslim dan mungkin kebanyakan sudah menghafalnya yaitu Surat Alfatihah.
Selain Familiar di telinga kita, Surat Alfatihah ini juga merupkan bagian dari Rukun Sholat dan menjadi Syarat Sah atau tidak Sholat kita yang tergantung dengan bacaan Tajwid-nya.
Jika benar bacaan Tajwid-nya maka sah Sholat kita akan tetapi jika tidak benar bacaan Tajwid seperti Pengucapan Mad Asli, Pelafalan Tasydid dan Makharijul Huruf-nya maka tidak Sah Sholat kita.


Berikut Ceramah Ustadz Abdul Somad terkait Alfatihah menjadi penentu Sah atau tidak Sholat kita:



Dari penyampaian Ustadz Abdul Somad tersebut, beliau sendiri untuk memastikan bacaannya Alfatihah-nya benar atau tidak sampai 3 Bulan di hadapan Syaikh-nya, dan setelah itu baru kemudian beliau mengaji Qur'an surat lainnya.

Untuk referensi atau Contoh membaca Surat Alfatihah yang benar, berikut bacaan Syaikh Ali Jaber bersama Artist Irfan Hakim yang ingin memperbaiki bacaaan Alfatihah-nya. Berdasarkan penuturan Syaikh Ali Jaber, beliau belajar memperbaiki bacaan Alfatihah-nya itu butuh 19 hari. Padahal beliau waktu itu sudah hafal AlQur'an 30 Juz:



Dan ada juga "Kak Nabila" yang merupakan Juri Program Hafiz Indonesia di RCTI yang juga sudah mempunyai Ijazah Sanad membaca AlQur'an sampai ke Rasulullah SAW:



Semoga bermanfaat ...